Home of Motorsports – Sirkuit Sepang Malaysia merupakan sirkuit modern di Asia Tenggara yang resmi dibuka pada tanggal 9 Maret 1999. Arena balapan ini di rancang oleh seorang Arsitektur dari Jerman yang bernama Hermann Tilke, yang akhirnya merancang juga fasilitas – fasilitas sirkuit di Turki dan Shanghai. Sirkuit Sepang mendapatkan pengakuan di dunia Internasional karena mencatatkan sejarah dengan penyelesaian konstruksi bangunan dan jalur balap dengan fasilitas modern dalam waktu 14 bulan.

 

The Sepang District is a district located in the southern part of the state of Selangor in Malaysia. Sepang District covers an area of near 600 square kilometres, and had a population of 190,889 at the 2010 Census.

Sirkuit yang di sebut dengan” Home of Motorsports” oleh negeri Jiran ini dapat menampung sekitar 130.000 penonton saat event internasional. Dengan panjang lintasan sekitar 5,543 km terdapat 5 kombinasi tikungan dan 8 jalur semi lurus. Sentral kegiatan balap otomotif kelas dunia ini dilengkapi dengan 27 kamera televisi tertutup yang akan merekam semua peristiwa di sirkuit, monitor ini terpusat di Race Control Room.

Selain fasilitas – fasilitas balapan yang modern, keamanan di sirkuit ini sangat diutamakan bukan hanya penjagaan yang ketat, pusat kesehatan pun dibuka sebagai Rumah Sakit sementara disini tentunya dengan tenaga medis handal. Terdapat juga helipad yakni lapangan helikopter untuk situasi gawat darurat.

Sirkuit Sepang Malaysia ini berada sekitar 85 km dari Ibu Kota Malaysia yakni Kuala Lumpur, cukup jauh memang memerlukan waktu sekitar jam dari Kuala Lumpur untuk dapat tiba di Sirkuit Sepang ini. Namun demikian sirkuit ini berada tak jauh dari Kuala Lumpur Internasional Airport, hanya sekitar 20 menit anda sudah bisa berada di sirkuit Sepang. Hal ini sengaja dibuat agar memudahkan para penonton balapan saat Event Internasional seperti perhelatan akbar MotoGP Sepang 2015 yang akan di gelar tanggal 25 oktober mendatang.